Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan : PRESENT PERFECT TENSE

PRESENT PERFECT TENSE, merupakan suatu susunan kalimat yang menyatakan suatu peristiwa atau aktivitas yang telah dilakukan pada masa lampau tapi tetap berkaitan dengan masa kini. Seperti yang dijelaskan gambar dibawah ini.


Jadi bisa dibilang peristiwa atau aktivitas tertentu yang dilakukan dimasa kini terjadi akibat kejadian atau aktivitas di masa lampau yang kita lakukan.

Rumus PRESENT PERFECT TENSE adalah sebagai berikut :

(+) S + Have/Has + Verb 3 + O
(-) S + Have/Has + Not + Verb 3 + O
(?) Have/Has + S + Verb 3 + O

Rumus PRESENT PERFECT TENSE dengan TO BE

(+) S + Have/Has + Been + O
(-) S + Have/Has + Not + Been + O
(?) Have/Has + S + Been + O

Contoh Kalimat :
(+) He has lived here for 3 years. (Saya sudah tinggal di sini selama 3 tahun)
(-)He hasn't lived here for 3 years. (Saya belum tinggal di sini selama 3 tahun)
(?) Has he loved here for 3 years? (Apakah dia sudah tinggal di sini selama 3 tahun?)

(+) You have received the email. (Kamu sudah menerima email)
(-) You haven't received the email. (Kamu belum menerima email)
(?) Have you received the email? (Apakah kamu sudah menerima email?)

(+) I have been a teacher since 2 years ago (Saya sudah menjadi seorang guru sejak 2 tahun yang lalu)
(-) I haven't been a teacher since 2 years ago (Saya belum menjadi seorang guru sejak 2 tahun yang lalu)
(?) Have i been a teacher since 2 years ago? (Apakah saya sudah menjadi seorang guru sejak 2 tahun yang lalu?)

Catatan Penting :
1. Subjek I/You/They/We menggunakan Have, sedangkan He/She/It menggunakan Has.

Tugas Pelajaran
1. Saya sudah mengenalmu selama 5 tahun.
2. Apakah ibu kamu sudah memasak nasi goreng?
3. Mereka sudah bekerja di perusahaan saya selama 2 bulan.
4. Dia belum menonton film terbaru.
5. Dia belum membawa buku yang aku pesan.
6. Apakah kakakmu sudah menelpon kakakku? 

Yang belum belajar materi-materi sebelumnya, silahkan klik link di bawah ini ya.
1. Materi Present Tense
2. Materi Past Tense
3. Materi Present Continuous Tense
4. Materi Past Continuous Tense

Nah cukup sekian materi PRESENT PERFECT TENSE ya teman-teman semoga bisa membantu. Kalian bisa mengirimkan hasil tugas kalian atau kalimat yang kalian tulis sendiri ke email penulis linmohuang05@gmail.com . Semangat belajaaaaarr...!! :)



Comments