Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan : PRESENT PERFECT CONTINOUS TENSE

PRESENT PERFECT CONTINOUS TENSE, merupakan suatu susunan kalimat yang menyatakan kejadian/aktivitas yang dilakukan pada masa lampau dan masih dikerjakan pada masa kini atau berkaitan dengan masa kini. Jadi maksud penulis disini, kalian melakukan/mengerjakan suatu aktivitas di masa lampau dalam jangka waktu yang lama hingga masa kini, dan aktivitas yang kalian kerjakan belum selesai. Biasanya kalimat ini juga disertai durasi waktu dan bisa juga tanpa menyertai durasi waktu. Bisa dibilang ini merupakan susunan kalimat yang agak ribet.

Rumus Kalimat PRESENT PERFECT CONTINOUS TENSE sebagai berikut :

(+) S + Have\Has + Been + Verb + Ing + O
(-) S + Have\Has + Not + Been + Verb + Ing + O
(?) Have\Has + S + Been + Verb + Ing + O?

Contoh Kalimat

(+) My father has been working at google company for 15 years. (Ayahku telah bekerja di perusahaan Google selama 15 tahun.)
(-) My father hasn't been working at Google company for 15 years. (Ayahku tidak bekerja di perusahaan Google selama 15 tahun.)
(?) Has my father been working at Google company for 15 years? (Apakah ayahku telah bekerja di perusahaan Google selama 15 tahun?)

(+) They have been creating a new satelite since 3 years ago. (Mereka telah membuat satelit baru sejak 3 tahun yang lalu)
(-) They haven't been creating a new satelite since 3 years ago. (Mereka tidak sedang membuat satelit baru sejak 3 tahun yang lalu)
(?) Have they been creating a new satelite since 3 years ago? (Apakah mereka sudah sedang membuat satelit baru sejak 3 tahun lalu?)

Catatan penting :
1. Penulis sengaja menerjemahkan dengan kalimat sederhana supaya pembaca tidak kebingungan ketika membaca terjemahan bahasa Indonesianya. Karena kalimat-kalimat terjemahan yang ada di textbook cenderung sulit dimengerti oleh pemula karena terjemahan mengikuti bentuk kalimat bahasa Inggrisnya. Contoh terjemahan kalimat diatas sesuai dengan terjemahan pada textbook

(+) Ayahku telah sedang bekerja di perusahaan Google selama 15 tahun.
(-) Ayahku telah tidak sedang bekerja di perusahaan Google selama 15 tahun.
(?) Apakah ayahku telah sedang bekerja di perusahaan Google selama 15 tahun?

Bagaimana? kalimatnya cukup membingungkan bukan?? maka dari itu penulis menerjemahkan
dengan kalimat sederhana tanpa mengubah susunan kalimat bahasa Inggrisnya.

Tugas kalimat
Buatlah kalimat berikut ke dalam bentuk positif, negatif, dan interogatif.
1. Ibu sudah bekerja sebagai penjahit selama 5 tahun.
2. Jane belum memainkan game ini sejak 2 bulan yang lalu.
3. Apakah Thomas sudah belajar di kampus itu selama selama setahun?
4. Polisi sudah mencari-cari pencuri itu sejak 5 bulan lalu.
5. Mr. Scott sudah menjalankan bisnisnya selama 10 tahun.
6. Apakah Daniel sudah sedang mengamati hasil penelitiannya?

Sekian materi PRESENT PERFECT CONTINOUS TENSE ya teman-teman. Silahkan kirim hasil tugas kalian ke email penulis linmohuang05@gmail.com , atau kalian juga bisa mengirimkan kalimat yang kalian buat sendiri. Semangat belajaaaaarr.....!!


Comments